Alumni Mawaridussalam Tahun 2020 Hafidz Shiddiq Raih Beasiswa ke Maroko

Salah satu alumni Pondok Pesantren Mawaridussalam tahun 2020 Hafidz Shiddiq Hamonangan Lubis mendapat beasiswa ke University of Ibn Tofail, Maroko. Perkuliahan akan dimulai pada bulan Agustus 2023.
Hafiz dan dua orang temannya dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UNIDA Gontor meraih beasiswa MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA). Arsyad Muhammad Ali Ridho yang akan kuliah di Temple University Amerika Serikat, Ahmad Dika Purnama. Keberangkatan mereka akan dilepas langsung oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor.
Program MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) merupakan salah satu program yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Yaitu berupa program perkuliahan yang berlangsung di universitas luar negeri dan dapat dikonversi ke dalam SKS di kampus asal.
Dengan program ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat para mahasiswa terhadap wawasan baik keilmuan maupun kehidupan kampus berskala internasional serta merasakan besarnya potensi Indonesia di kancah internasional. Selanjutnya memotivasi mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik melalui beasiswa maupun mandiri, dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi sebagai bangsa Indonesia.
Menurut Hafidz, salah satu kunci mendapatkan beasiswa di luar negeri adalah kemampuan bahasa asing yang cukup; Arab atau Inggris. Karena tidak mungkin seseorang mendapatkan beasiswa ke luar negeri sedangkan dia tidak mampu berbahasa Arab atau Inggris dengan baik.
Program ini dilaksanakan oleh LPDP setahun sekali, untuk tahun ini ada sekitar 451 pendaftar dan yang lolos ketahap akhir hanya 40 dari seluruh Indonesia pada jenjang s1 sampai s3
Hafidz Shiddiq Hamonangan Lubis menjadi santri di Pesantren Mawaridussalam sejak tahun 2018. Setelah alumni, ia mengabdi di Mawaridussalam bagian KMI.

#SemangatBelajar

#ManJaddaWajada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *